Ketahui Fungsi Nomor Resi Dalam Transaksi Bisnis

fungsi nomor resi dalam transaksi bisnis
source: images.bisnis.com

Nomor resi merupakan keterangan pada jasa ekspedisi yang menjadi nyawa bagi para pelaku e-commerce. Nomor tersebut wajib dimasukkan ke sistem tracking e-commerce supaya pelanggan bisa tenang dan mengetahui produk mereka sedang dalam perjalanan.

Dengan berkembangnya penjualan online atau bisnis online, resi sering kali dikonotasikan dengan tanda terima pengiriman barang dari jasa ekspedisi. Berikut ini adalah beberapa fungsi adanya nomor resi dalam transaksi bisnis, terutama bisnis online. Simak baik-baik, ya!

Bukti Paket Telah Dikirim

Saat kamu sudah melakukan pembayaran kepada jasa ekspedisi, mereka akan memberikan resi sebagai bukti jika kamu menggunakan jasa mereka untuk mengirimkan barang atau paket. Nomor resi biasanya akan dicetak dan ditempelkan pada barang yang hendak dikirim.

Dengan begitu, barangmu akan masuk dalam proses pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan. Penting pula untuk membagikan nomor resi kepada pelanggan. Hal itu menunjukkan produk atau barang yang mereka pesan sudah dikemas dan siap kirim ke alamat tujuan. Kamu bisa membagikan nomor resi secara manual, atau juga terupdate otomatis dalam sistem.

Melacak Posisi Paket

Nomor resi sangat berguna untuk melakukan pelacakan barang. Apakah paket yang kamu kirimkan masih di gudang jasa ekspedisi atau sudah diantar oleh kurir.

Beberapa marketplace biasanya sudah bekerja sama dengan sejumlah jasa pengiriman barang untuk memasang tracking paket di sistem mereka. Jadi, pelanggan atau konsumen bisa langsung lacak resi yang kamu kirim melalui aplikasi atau website tersebut secara otomatis.

Memantau Kondisi Barang

Melalui sistem pelacakan itu, kamu jadi bisa tahu di mana posisi paket secara berkala. Kamu juga bisa tahu jika paketmu ternyata gagal dikirim dan dikembalikan ke gudang. Dengan cek resi secara berkala, kamu bisa langsung tahu jika terjadi sesuatu terhadap paketmu.

Jika itu terjadi, kamu bisa langsung menghubungi jasa ekspedisi untuk menanyakan kendala apa yang terjadi.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan memberikan resi, maka kamu bisa memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Ini karena, nomor resi bisa menjadi jaminan bahwa produk yang mereka beli sudah dikemas dan dikirim.

Jadi, tidak hanya kamu sebagai penjual yang bisa cek paket, tetapi pelanggan juga bisa ikut memantau kondisi barang dan sampai mana barang dikirimkan.

Pelanggan akan merasa aman dan menumbuhkan rasa percayanya kepadamu saat bisa melihat informasi terbaru pengiriman paketnya. Maka dari itu, segera update resi jika pesanan pelanggan sudah diproses oleh jasa ekspedisi.

Itulah beberapa fungsi dari nomor resi dalam transaksi bisnis. Sudah banyak website tracking yang bisa kamu manfaatkan untuk memantau barang kiriman sudah sampai mana. Salah satunya adalah Shipper.

Shipper adalah solusi logistik digital untuk bisnis kamu. Kamu bisa lebih mudah melakukan lacak paket melalui website Shipper. Masukkan hingga 10 kode nomor resi di kolom yang tersedia untuk mulai melacak barang yang kamu kirim.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di shipper.id/tracking. Yuk tingkatkan efisiensi, kurangi biaya serta kembangkan bisnis dengan berbagai solusi dan teknologi dari Shipper!